Besok Dijadwalkan Dilantik Jadi Kapolri

SEGERA DILANTIK. Komjen (Pol) Listyo Sigit akan segera dilantik menjadi Kapolri oleh Presiden Joko Widodo.

JAKARTA – Pelantikan Calon Tunggal Kapolri Komjen (Pol) Listyo Sigit tengah dinanti. Beredar kabar, calon yang diajukan Presiden Jokowi ini bakal dilantik besok (27/1/2021).

Harapan besar masyarakat, janji dan program kerja yang telah disampaikan di DPR, bisa direalisasikan.

Pelantikan Rabu sudah menjadi hal biasa bagi Jokowi. Menteri yang baru kemarin dilantik, juga Rabu.

Bahkan jika dilihat dari jauh sebelumnya, banyak pejabat yang dilantik Rabu oleh mantan Wali Kota Solo ini.

Sebelumnya, Sekretariat Jenderal DPR RI telah mengirimkan surat persetujuan DPR RI terhadap pemberhentian dan pengangkatan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) dari Jenderal Polisi Idham Azis ke Komjen (Pol) Listyo Sigit Prabowo.

Kadiv Humas Polri Irjen (Pol) Raden Prabowo Argo Yuwono menyampaikan, telah menerima informasi serupa soal pelantikan. “Infonya iya (akan dilantik Rabu),” kata Argo lewat pesan singkat.

Terpisah, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen (Pol) Rusdi Hartono mengatakan hal sama. Calon Kapolri Listyo Sigit akan dilantik pada Rabu. “Insya Allah, jika tidak ada halangan, beliau (Listyo) akan dilantik tanggal 27,” katanya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar mengatakan, DPR sudah menyampaikan surat persetujuan tersebut kepada Presiden melalui Menteri Sekretaris Negara, dengan nomor Surat PW/00958/DPR RI/I/2021.

“Jadi SK dan surat persetujuan sudah disampaikan, dipastikan pelantikan dapat dilakukan sebelum 30 Januari sesuai dengan tanggal pensiun Kapolri,” kata Indra.

Dalam surat tersebut, dijelaskan bahwa Rapat Paripurna DPR RI 21 Januari kemarin telah menyetujui Laporan Komisi III DPR RI terhadap pem­berhentian dan pengangkatan Kapolri.

Komisi III DPR secara aklamasi telah menyetujui penunjukan Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo untuk menjadi Kapolri. Uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri baru juga telah dilaksanakan.

Anggota Komisi III DPR RI Komjen Pol (Purn) Adang Daradjatun berharap Kapolri baru pengganti Idham Aziz bisa memberikan rasa keadilan bagi masyarakat.

Adang menekankan, Polri ke depan harus mampu bersikap rendah hati tetapi tetap memiliki karakteristik tegas.

“Harapan-harapan kita, masyarakat terutama, Polri ke depan adalah Polri yang sangat humble tetapi tegas. Terutama beliau (Listyo), jelas sekali penekanan tentang tidak ada istilahnya tajam ke bawah lalu tumpul ke atas,” ujarnya.

Lebih jauh, Wakapolri periode 2004-2006 itu berharap penegakan hukum harus ditegakkan berbasis rasa keadilan bagi seluruh masyarakat.

“Jadi, apapun juga kita mengharapkan betul-betul rasa keadilan bagi masyarakat dalam konteks penegakan hukum, itu harus betul-betul dirasakan oleh masyarakat,” tuturnya.

Politisi PKS ini turut mengapresiasi Calon Kapolri tunggal Komjen (Pol) Listyo Sigit Prabowo atas penyampaian pandangannya dalam rapat uji kelayakan lalu.

“Saya mendengar dan saya bangga, Calon Kapolri Sigit telah memberikan suatu jawaban-jawaban yang memang menjadi harapan bagi masyarakat pada saat uji kelayakan kemarin,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah mengusulkan satu nama calon Kapolri kepada DPR RI untuk dilakukan uji kelayakan dan kepatutan.

Berdasar keputusan Badan Musyawarah DPR RI, Komisi III DPR RI ditugaskan untuk membahas pelaksanaan fit and proper test tersebut. (khf/fin)

Be the first to comment on "Besok Dijadwalkan Dilantik Jadi Kapolri"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: