Patroli Dialogis dan Edukasi Masyarakat

PATROLI. Anggota Satuan Sabhara Polres Ciamis melakukan patroli dialogis ke sejumlah tempat di pusat Kota Ciamis, Jumat (22/1/2021).

CIAMIS – Mengantisipasi gangguan Kamtibmas, Polres Ciamis melalui Satuan Sabhara melaksanakan patroli dialogis di pusat kota Kabupaten Ciamis.

Patroli ini dilaksanakan secara rutin ke sejumlah objek vital di wilayah hukum Polres Ciamis.

Setiap harinya tiga personel Satuan Sabhara Polres Ciamis bergantian melakukan patroli dengan menggunakan kendaraan patroli roda empat berkeliling di sekitaran tempat keramaian.

Sebab dengan kehadiran anggota Polri di tengah masyarakat dapat meminimalisir niat pelaku kejahatan dan gangguan kamtibmas lainnya.

”Hari ini (Jumat, 22/1, Red) tiga anggota Satuan Sabhara Polres Ciamis yang bertugas melakukan patroli dialogis di daerah pusat kota Kabupaten Ciamis yakni, Bripka Veries Sudarisman, Bripka Rizal Andriansyah dan Brigadir Doni Marihot.

Ketiganya menggunakan kendaraan patroli roda empat untuk melihat situasi dan kondisi di lapangan,” ujar Kapolres Ciamis AKBP Hendria Lesmana SIK MSi di sela-sela kegiatan seusai menerima laporan dari Kasat Sabhara AKP Cecep Edi Sulaeman SIP Jumat siang (22/1/2021).

Lebih lanjut, AKBP Hendria mengatakan, untuk sasaran yang dituju patroli hari ini diantaranya pasar, kantor perbankan, SPBU dan lembaga pendidikan. Di mana di setiap lokasi anggota menyampaikan imbauan dan pesan-pesan kamtibmas.

“Pesan-pesan kamtibmas selalu disampaikan oleh anggota seperti menjaga keamanan lingkungan dengan selalu mengunci pintu sebelum bepergian keluar, kunci ganda pada setiap kendaraan dan sebagainya.

Selain itu, di masa penerapan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) juga disampaikan imbauan sekaligus edukasi tentang protokol kesehatan secara sederhana dengan menerapkan 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, membatasi mobilitas dan menghindari kerumunan,” tuturnya.

Kapolres berharap pelaksanaan kegiatan patroli dialogis tersebut dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat serta dapat mengurangi niat para pelaku kriminal dengan hadirnya anggota kepolisian di tengah tengah masyarakat.

“Peran serta masyarakat sangatlah penting dalam membantu tugas kepolisian menjaga kondusivitas wilayah.

Mari sama-sama kita menjadi polisi bagi dirinya sendiri, keluarga dan orang lain di sekitar kita guna terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif,” tandasnya. (isr)

Be the first to comment on "Patroli Dialogis dan Edukasi Masyarakat"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: