Hari Ini, PSBB Proporsional Dimulai

Firgiawan / Radar Tasikmalaya PATROLI. Tim patroli Gugus Tugas Kota Tasikmalaya saat beroperasi di sejumlah titik potensi pelanggaran protokol kesehatan Minggu (10/1).

Menindaklanjuti adanya Keputusan dan Surat Edaran Gubernur Jawa Barat, Kota Tasikmalaya per Senin (11/1) akan memulai penerapan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) Proporsional. Sesuai arahan Gubernur JawaBarat dan Kementerian Dalam Negeri terhadap sejumlah daerah yang dinilai harus laksanakan pembatasan tersebut.

Sekretaris Gugus Tugas Covid-19 Kota Tasikmalaya, H Ivan Dicksan menjelaskan penerapan pembatasan kegiatan masyarakat ini, mulai efektif 11-25 Januari ke depan. “Kota Tasikmalaya akan terapkan pembatasan ini. Jadi, nanti malam (kemarin malam, Red), akan rapat kaitan persiapan penerapannya Mulai Senin,” ujar Ivan kepada Radar, (10/1).

Dia mencontohkan pembatasan metoda pembatasan aktivitas tersebut, seperti work from home (WFH) terhadap instansi atau perkantoran sebanyak 75 persen. Kemudian pusat perbelanjaan tutup pukul 19.00, termasuk kapasitas restoran hanya boleh digunakan maksimal 25 persen dan suatu ruangan maksimal diisi 50 persen dari kapasitasnya.

“Nanti, kami akan melihat klasifikasi-klasifikasinya seperti apa saja. Intinya kita akan ikuti sesuai petunjuk gubernur sebagai dasar pembatasan aktivitas masyarakat,” tuturnya memaparkan.

Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya ini mengakui status Kota Resik masih berkutat di zona merah. Sesuai evaluasi gubernur, Kota Tasikmalaya menjadi 1 dari 20 kota/kabupaten se-Jawa Barat yang diminta mengikuti arahan untuk melaksanakan pembatasan aktivitas masyarakat. “Kita masuk dalam 20 daerah yang diminta melaksanakan ini. Maka kita juga akan menyesuaikan sebagaimana 9 Januari kemarin kita sudah sebarkan surat edaran hasil evaluasi,” katanya.

Ivan menambahkan berdasarkan data terakhir, per 10 Januari tercatat 2.543 kasus positif, dengan sisa kasus aktif sebanyak 276 simptomatik dan 310 asimptomatik.

“Diharapkan penerapan PSBB proporsional ini, dibarengi upaya vaksinasi bisa menekan angka kasus dan tidak lagi terjadi kenaikan signifikan kasus positif,” harapnya. #satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun (igi)

Be the first to comment on "Hari Ini, PSBB Proporsional Dimulai"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: