Manfaat Minum Kopi Sebelum Gowes

Meminum kopi sebelum bersepeda ternyata memiliki sejumlah manfaat. Bukan hanya tentang meningkatkan performa cyclist semata, kopi diyakini baik untuk goweser yang ingin menurunkan berat badan. Yang harus diperhatikan adalah mengonsumsinya tak boleh berlebihan.

Kopi dan pesepeda adalah dua elemen yang tak terpisahkan. Biasanya cyclist akan meminum kopi sebelum gowes pagi-pagi. Menurut cyclist sekaligus ahli bedah thoraks kardiak & vaskular, dr. Dhany Prasetyanto, Sp.BTKV, FIHA, kandungan kafein dalam kopi sebenarnya memiliki efek baiknya.

“Terutama buat pesepeda yang ingin menurunkan berat badan. Ada sebuah studi yang mengatakan, jika kita meminum kopi saat perut kosong kemudian melakukan aktivitas, maka akan meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh,” ungkapnya.

Terkait kopi yang dikonsumsi, ia menyarankan agar meminum kopi hitam murni. “Kopi hitam murni, ya Americano lah. Sebenarnya ada dosisnya. Kalau tidak salah tiga gram kafein per berat badan untuk sekali minum,” kata dr. Dhany.

Selain baik untuk mereka yang ingin diet, menurut dr. Dhany, kandungan kafein dalam kopi termasuk salah satu stimulan pada sistem saraf. Kafein dapat meningkatkan hormon norepinefrin. Hormon ini memiliki efek yang sama seperti hormon adrenaline.

“Jadi menstimulasi jantung untuk berdenyut lebih cepat sehingga meningkatkan performa dan kontraksi jantung itu sendiri,” ujarnya.

Akan tetapi, setiap orang memiliki efek kafein yang berbeda-beda. Ada yang sensitif terhadap kafein ada yang tidak sensitif. “Misalnya orang yang tidak tahan karena masalah pencernaan dan segala macam, memang tidak disarankan untuk meminum kopi,” jelas dr. Dhany.

Ia juga mengingatkan para cyclist agar tidak mengonsumsi terlalu banyak kafein. Sebab dapat menimbulkan efek yang tidak bagus. Dampaknya bisa seperti mengganggu pola tidur, mengganggu metabolisme karbohidrat, serta efek lainnya. (mainsepeda)

Be the first to comment on "Manfaat Minum Kopi Sebelum Gowes"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: