SMK Al-Khoeriyah Kuatkan Budaya Kerja

WORKSHOP. Siswa dan guru SMK Al Khoeriyah mendapatkan program peningkatan budaya kerja dari September hingga Desember 2020.

SMK Al-Khoeriyah Kota Tasikmalaya terus berupaya meningkatkan kedisiplinan warga sekolah dan pelayanan proses belajar mengajar. Itu untuk mencetak lulusan unggul dan berkualitas.

Peningkatan kedisiplinan tersebut dikemas melalui program peningkatan budaya kerja bagi pendidik dan siswa dari September- Desember 2020.

Kepala SMK Khoeriyah Kota Tasikmalaya Maman SHI mengatakan pentingnya warga sekolah mendapatkan budaya kerja akan berimbas pada prestasi guru dan siswa sehingga dapat peningkatan mutu pembelajaran.

”Adanya program peningkatan budaya kerja untuk siswa dan guru bisa meningkatkan pola kedisiplinan dan etos kerja yang baik. Nantinya akan menghasilkan kesuksesan,” katanya kepada Radar, Rabu (30/12/2020).

Berkat adanya program budaya kerja ini, sambung Maman bisa mendapatkan hasil Penilaian Prestasi Kepala Sekolah (PPKS) swasta di lingkungan Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XII Tasikmalaya pada Desember 2020 bisa mendapatkan penghargaan juara pertama.

“Jadi saya saat PPKS tahun ini bisa mendapatkan prestasi kepala sekolah swasta yang terbaik dari yang baik,” ujarnya.

Prestasi tersebut menjadi dorongan baginya untuk terus berinovasi dengan melaksanakan proyeksi total quality management (TQM).

Tentunya, dia tetap berpedoman pada visi-misi SMK Al Khoeriyah yang mencetak lulusan yang unggul dan berakhlak mulia.

“Harapan ke depannya sekolah bisa melakukan pelayanan yang lebih baik kepada siswa dan orang tua dan bisa meningkatkan kualitas pendidikan.

Dengan begitu dapat munculnya kepercayaan dan kepuasan terhadap lembaga,” kata dia.

Usahanya ini, agar lebih semangat lagi alumni SMK Al-Khoeriyah bisa terserap di industri dan dunia kerja.

Maka pihaknya terus membekali untuk enam kompetensi keahlian yang diselaraskan sesuai dengan kurikulum industri, seperti; Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran sudah bekerja sama dengan Matahari Departemen Store.

Kemudian, Jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran, Jurusan Teknik Komputer Jaringan sudah bekerja sama dengan PT LAN, dan Jurusan Akuntansi bekerja sama dengan bank.

“Selanjutnya Jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor bekerja sama dengan Honda Ahass serta (Jurusan) Perhotelan bekerja sama dengan hotel berbintang di Tasikmalaya seperti Hotel Horison, Hotel Grand Metro dan Hotel Santika,” ujarnya.

Siswa SMK Al Khoeriyah bisa mendapatkan pendidikan dan praktik yang tuntas dan ideal, sehingga mereka bisa menjawab tantangan ke depan di industri dan dunia kerja.

Apalagi ditunjang dengan program bursa kerja khusus (BKK) SMK Al Khoeriyah yang bisa sebagai penyaluran alumninya untuk bekerja sesuai dengan kompetensi keahlian.

“BKK SMK Al-Khoeriyah pada 2020 berhasil menyalurkan enam lulusannya kepada PT Nabati di Bandung dan Majalengka sebanyak 6 orang.

Lalu yang bekerja sama dengan LPK Yaswi Abadi Purbalingga Jawa Tenggah telah memberangkatkan 2 orang lulusan SMK Al-Khoeriyah ke Jepang, pada tahun 2018 dan 2020,” kata dia bangga.

Kemudian, untuk meningkat kompetensi vokasi siswanya yang efektif di tengah pandemi Covid-19, pihaknya melaksanakan dengan model blended learning.

Pola pembelajaran tersebut merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan melalui penggunaan media pembelajaran berbasis TIK dan luring.

“Konsepnya di sini sudah lebih awal dengan menggunakan blended learning sebagai solusi kurikulum di masa darurat Covid-19.

Selain pembelajaran daring juga dengan mengoptimalkan praktik satu minggu mencapai dua kali,” ujarnya.

Arah blended learning kepada program peningkatan kompetensi siswa. Maka pihaknya fokus pada meningkatkan keterampilan dan etika, seperti; penguatan literasi yang memberikan motivasi dan pembelajaran agar siswa mahir berbahasa asing, baik Bahasa Inggris atau Bahasa Jepang.

“Lalu ada numerasi. Siswa tidak hanya pandai menghitung saja, tetapi bisa mengaplikasikan dalam kehidupan nyata setiap harinya,” kata dia menjelaskan.

Terakhir, penanaman nilai moral dengan peningkatan ibadah, memperkuat hafalan Al-Qur’an, dan kegiatan-kegiatan positif keagamaan lainnya. (riz)

Be the first to comment on "SMK Al-Khoeriyah Kuatkan Budaya Kerja"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: