Para Penjinak Bom Sterilkan Gereja

STERILISASI. Para penjinak bom dari Unit Jibom Satuan Brimob Polda Jabar melaksanakan sterilisasi di gereja di wilayah hukum Polres Ciamis menjelang perayaan Natal 2020.Foto kanan, Kapolres Ciamis AKBP Dony Eka Putra SIK MH dan Dandim 0613/Ciamis Letkol Czi Dadan Ramdani SSos MAP meninjau kesiapan pengamanan gereja di wilayah hukum Polsek Pangandaran.

PANGANDARAN – Unit Jibom Satuan Brimob Polda Jabar melaksanakan sterilisasi sejumlah gereja di wilayah hukum Polres Ciamis untuk memastikan keamanan dan kenyamanan jemaat yang merayakan Natal 2020.

Kapolres Ciamis AKBP Dony Eka Putra SIK MH mengatakan, keterlibatan Unit Jibom Sat Brimob Polda Jabar itu bagian dari Operasi Lilin Lodaya 2020. Para penjinak bom sangat dibutuhkan sebagai upaya deteksi dini hal-hal yang dapat menimbulkan gangguan Kamtibmas.

“Sterilisasi ini bagian dari pada upaya kita mendeteksi dini dan meminimalisir gangguan Kamtibmas saat perayaan Natal Tahun 2020 di wilayah hukum Polres Ciamis,” ujar AKBP Dony.

Kapolres menjelaskan, gereja yang disterilisasi yakni gereja-gereja besar. Gereja-gereja tersebut akan mengadakan perayaan Natal pada malam tanggal 24 dan 25 Desember.

Gereja yang disterilisasi di wilayah Kabupaten Pangandaran meliputi Gereja Maranatha, Gereja Ekklesia, dan Gereja Bethel. Sementara di wilayah Kabupaten Ciamis di antaranya Gereja GKI, Gereja Katolik, dan Gereja Pantekosta.

“Hasil sterilisasi gereja oleh Unit Jibom SatBrimob Polda Jabar bahwa tidak ditemukan benda yang mencurigakan berbahaya,” kata AKBP Dony.

AKBP Dony berharap perayaan Natal 2020 di wilayah hukum Polres Ciamis khususnya dapat berjalan aman, lancar dan kondusif.

“Mari sama-sama kita kedepankan toleransi umat beragama dengan menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2021,” tutur dia.

Sterilisasi gereja tersebut dilak­sana­kan oleh lima personel Unit Jibom Sat Brimob Polda Jabar dipimpin Kasub Den Jibom, AKP Sanhaji.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Ciamis bersama Dandim 0613/Ciamis Letkol Czi Dadan Ramdani SSos MAP juga meninjau sejumlah gereja di wilayah hukum Polsek Pangandaran, Kamis (24/12/2020) pagi.

Dalam peninjauan tersebut, Kapolres dan Dandim didampingi Kapolsek Pangandaran Kompol Suyadi SH MM dan anggotanya.

Adapun gereja yang ditinjau di antaranya Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI), Gereja Bethel Indonesia (GBI), dan Gereja Kerosulan Baru Maranatha.

AKBP Dony menyebutkan peninjauan dilakukan untuk memastikan kesiapan personel keamanan menjelang perayaan malam Natal.

“Kami minta para personel yang bertugas untuk melaksanakan secara sungguh-sungguh, dan kedepankan sisi humanis Polri sebagai pelayan, pelindung dan pengayom masyarakat,” katanya.

“Kehadiran TNI dan Polri sebagai upaya untuk menghadirkan kedamai­an. Harapan kita semua TNI-Polri ingin menghadirkan kedamaian, damai di bumi, di hati,” tambahnya. (isr)

Be the first to comment on "Para Penjinak Bom Sterilkan Gereja"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: