Unboxing dan First Ride Brompton Explore

Asyiiikkkk! Setelah bersabar menunggu beberapa bulan, saya jadi “anak soleh” yang diberi kesempatan membuka Brompton Explore baru sekaligus mencobanya. Sebuah Brompton baru yang sudah dinantikan dan begitu diperebutkan.

Selama ini, penggemar hanya bisa melihat dari foto. Meneteskan air liur melihat warna yang ditawarkan. Warna customer yang tidak bisa dipesan secara umum.


Ketika barang itu benar-benar tiba, rasanya begitu excited. Rasanya “deg-deg serrr” saat mengeluarkannya dari dalam dus.

Apalagi kalau ingat bahwa untuk mendapatkan varian ini kita kudu memecah celengan ayam. Plus, sekali lagi, sabar menanti beberapa waktu.


Seperti biasa, sepeda Brompton ketika di dalam dus, sadel dan satu hinge clamp-nya tidak terpasang.

Ini dilakukan untuk menjaga keutuhan sepeda ini ketika berada di dalam dus. Agar posisi sepeda benar-benar terjepit diam di dalam dus khusus ini.


Begitu dikeluarkan, cukup dengan memasang sadel Brooks Cambium C17, lalu memasang hinge clamp-nya, sepeda langsung siap dicoba.

Sadelnya tampak begitu berkesan. Warnanya senada dengan sepeda, dengan efek seperti sudah lama dipakai.


Sepeda ini datang dengan ban yang agak beda. Yaitu Schwalbe Marathon Racer dengan tan wall alias warna cokelat di samping. Ban ini diklaim cocok untuk segala medan, dibuat dengan thread (desain tapak) khusus dan eksklusif untuk Brompton.

Sentuhan warna oranye di dekat headset membuat sepeda ini semakin memikat. Menambah keinginan untuk menjelajah lebih jauh menggunakan sepeda dengan ban mungil ini.


Begitu sepeda terpasang, saya langsung gatal untuk menjajalnya. Keluar dari Johnny Ray Cycling di Surabaya Townsquare, saya langsung putar-putar di permukaan paving dan jalan beraspal.

Terasa sekali karakter ban “ginuk” ini. Empuk dan nyaman. Handlebar Type M yang saya coba membuat posisi duduk lebih tegak dan nyaman. Memang dibuat untuk menjelajah lebih jauh.


Dan, just in case benar-benar ingin minggat dari rumah, pembeli Explore mendapatkan dua tas. Sebuah tas pouch Metro Special Explore Edition bisa dipasang di belakang sadel.

Bisa diisi dompet atau kebutuhan kecil lain. Sedangkan tas Explore Borough Roll Top dapat disematkan di bagian depan. Bisa diisi bekal barang dan baju-baju.


Dan kalau memang ingin minggat lebih jauh lagi, Brompton menyertakan pula bonus satu ban Schwalbe Marathon Racer lengkap dengan ban dalam dan rim tape. Untuk melakukan pergantian ban, toolkit original Brompton juga disertakan.

Pokoknya siap, tinggal menunggu keberanian dan keputusan pemiliknya untuk minggat dari rumah! (johnny ray)

Be the first to comment on "Unboxing dan First Ride Brompton Explore"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: