Kesuksesan Produk Unggulan Bordir Kabupaten Tasikmalaya

Disukai Pembeli Luar Negeri

DISUKAI PASAR. Ainina Mukena yang diproduksi di Kampung Cimawate Desa Tarunajaya Kecamatan Sukaraja dan Kampung Cukangawi Desa Lewibudah Kecamatan Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya disukai pasar internasional.

Tasik adalah sentra bordir. Skalanya nasional, bahkan internasional. Pasarnya sampai ke luar negeri.

Di Kabupaten Tasikmalaya saat ini terdapat 90 sentra bordir dengan 2.233 unit usaha dan 18.915 pekerja. Itu tersebar di 18 kecamatan.

Salah satu pengusaha bordir sukses yaitu Ainina Mukena di Kampung Cimawate Desa Tarunajaya Kecamatan Sukaraja dan Kampung Cukangawi Desa Lewibudah Kecamatan Sukaraja.

Ainina Mukena mampu memproduksi berbagai jenis mukena, koko, gamis dan produk berbahan bordir lainnya. Perusahan ini setiap satu bulannya mampu memproduksi 1.000-2.000 pcs.


Pemilik Bordir Ainina Mukena, Ainina mengatakan, saat ini ia terus memproduksi berbagai macam mukena dan fashion yang berbahan bordir. Selama ini untuk produk berbau bordir itu dibuat sesuai pemesan.

“Semua produk bordir kita layani. Namun saat ini yang terus kami geluti yakni produk mukena,” kata dia.

Selama ini produk bordir Ainina Mukena dipasarkan ke daerah Jakarta, seperti Pasar Tanah Abang dan lainnya.

Selanjutnya dari Pasar Tanah Abang oleh buyer di sana dibawa dan dipasarkan ke daerahnya masing-masing di seluruh Indonesia seperti Aceh dan lainnya.

“Produk kita juga ada yang ke Malaysia tetapi belum ekspor langsung. Kita baru melalui pihak ketiga,” katanya.


Dalam meningkatkan penjualan, kata dia, selain melalui pemasaran langsung, juga merambah ke penjualan secara online.

“Penjualan online ini juga sudah ada yang memesan dari luar negeri seperti Malaysia. Hanya saja penjualannya baru skala kecil, karena kita masih terus belajar dalam penjualan online ini,” kata dia.

Produk bordir yang dipesan oleh konsumennya dari luar negeri untuk kebutuhan perseorangan dan juga dijual kembali.

“Bahkan kami sudah ada buyer di Malaysia yang dipesan melaui online, alhamdulillah,” kata dia.

Melihat seperti ini, kata dia, sudah adanya pemesan melalui penjualan online ini. Produk bordir Kabupaten Tasikmalaya ini sudah betul-betul diminati oleh luar negeri.


“Dengan itu, kami juga terus meningkatkan pengetahuan dalam berjualan online,” kata dia.

Setiap satu bulannya Ainina mampu membuat 1.000-2.000 pcs mukena dan produk bordir lainnya. Selama ini pihaknya juga menerima pesanan berbagai motif bordir.

“Untuk kualitas dilihat dari segi motif untuk bordir ini. Untuk harga sendiri biasanya disesuaikan dengan bahan kain yang digunakan,” kata dia.

Ainina berharap bordir, yang menjadi produk unggulan Kabupaten Tasikmalaya ini, terus diminati oleh semua kalangan masyarakat, baik lokal maupun internasional.


“Mudah-mudahan Covid-19 segera berakhir, sehingga pesanan lebih banyak lagi,” kata dia berharap.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya Dr H Mohamad Zen mengatakan, bordir merupakan produk unggulan yang saat ini terus dikembangkan baik dari segi kualitas maupun SDM-nya.

“Bahkan kami juga terus mendukung dari segi permodalan melalui APBD Kabupaten Tasikmalaya,” kata dia.

Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya juga akan terus membangun akses pasar untuk produk bordir ini, salah satunya diikutsertakan melalui event, baik tingkat kabupaten maupun nasional.

“Karena sehebat apapun produk kalau akses pasarnya lemah tidak akan berarti apa-apa, khususnya dalam peningkatan ekonomi daerah,” katanya.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Tasikmalaya Nana Rukmana mengatakan, potensi industri kecil menengah cukup banyak, bahkan jenis produknya bervariatif, salah satunya bordir.


“Produk ini menjadi fokus kami, sama dengan produk lainnya seperti mendong, anyaman pandan, bambu, batik, sutera dan golok,” kata dia.

Upayanya terus meningkatkan kualitas dan keahlian dalam pemasaran, salah satunya melalui online.

“Pemasaran melalui online ini tidak dimungkiri harus bisa dilakukan oleh semua, khususnya dalam pemasaran produk bordir. Kami sudah melaksanakan pelatihan jualan online beberapa waktu lalu,” kata dia.

Nana berharap pelatihan itu bisa meningkatkan penjualan produk bordir ini. “Pembinaan ini akan terus kami laksanakan bahkan terus kami agendakan setiap tahunnya,” kata dia. (ujg)

Be the first to comment on "Disukai Pembeli Luar Negeri"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: