SMK MJPS 2 Mendidik Siswa Berjiwa Pemimpin

PENGARAHAN. Wakasek Kesiswaan MJPS 2 Tasikmalaya Eko Aprijanto ST MSi mengarahkan kepada peserta LDKS untuk meningkatkan protokol kesehatan dan meningkatkan prestasi organisasi dan mempunyai etika yang baik di sekretariat ekstrakurikuler SMK MJPS 2, Rabu (16/12).

TASIK – SMK MJPS 2 Tasikmalaya mem­be­kali siswanya memiliki jiwa pemimpin, berkarakter dan organisatoris melalui Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS), Rabu (16/12).

Kepala SMK MJPS 2 Tasikmalaya Drs Effendi mengatakan 17 siswa mengikuti LDKS. Mereka belajar tentang kepemimpinan, organisasi dan administrasi. Termasuk membentuk kepengurusan OSIS dan MPK baru yang lebih baik.

”Pelaksanaan LDKS ini juga sebagai bekal untuk masa depan siswa. Artinya bisa mem­bentuk kepribadian siswa yang matang dalam memahami tentang kepemimpinan, lebih disiplin dan bertanggung jawab dalam tugasnya dalam mengurus organisasi,” katanya kepada Radar, Rabu (16/12).

Kegiatannya diikuti seluruh program keahlian yaitu Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Kendaraan Ringan dan Otomotif, Teknik Komputer & Informatika (Multimedia) dan Teknik Otomotif Sepeda Motor.

SAMBUTAN. Kepala SMK MJPS 2 Tasikmalaya Drs Effendi saat memberikan sambutan.

“Pelatihan ini punya peranan penting untuk membangun karakter kepemimpinan dan etika berorganisasi. Serta bisa menjadi garda terdepan sosialisasi penanganan Covid-19 di lingkungan bermain dan rumahnya,” ujarnya.

Senada, Wakasek Kesiswaan MJPS 2 Tasikmalaya Eko Aprijanto ST MSi menjelas­kan, dalam LDKS selain mendapatkan materi kepemimpinan serta cara keorganisasian dan administrasi, siswa juga mendapatkan pembentukan karakter untuk penuh kejujuran, percaya diri dan disiplin.

“Hal itu yang bakal berguna sekali untuk ke depannya bagi siswa baik yang siap memimpin ataupun menjadi anggota,” katanya.

Kemudian, LDKS ini merupakan lanjutan dari pemilihan ketua OSIS dan MPK, sehingga mampu memberikan kesempatan kepada siswa untuk berwawasan demokrasi.

“Mereka sudah dipilih dari 78 siswa sebagai perwakilan untuk memilih calon ketua OSIS dan MPK menggunakan Google Form.

Setelah melaksanakan LDKS akan diumumkan siapa mempunyai suara terbanyak sehingga menjadi ketua OSIS dan MPK selanjutnya,” ujarnya.

Selain LDKS, ia pun bangga dengan siswa yang mengikuti ekstrakurikuler kepramukaan bisa menjadi peserta Jomboree on the Air (Jota) Nasional ke-83 dan Jamboree on the Internet (Joti) Nasional ke-41 pada 17 Oktober 2020.

“Walau pun masih menjadi peserta mereka bisa belajar untuk menggalang persahabatan dan memperkenalkan teknologi dari SMK MJPS 2 tingkat nasional,” kata dia.

Ketua Pelaksana LDKS SMK MJPS 2 Ahmad Tri Akbar menyampaikan peserta LDKS merupakan siswa kelas X dan XI.

APRESIASI. Gerakan Pramuka SMK MJPS 2 menjadi peserta Jamboree on the Air (Jota) Nasional ke-83 dan Jamboree on the Internet (Joti) Nasional ke-41 pada 17 Oktober 2020.

Mereka mendapatkan materi utamanya adalah kepemimpinan, sehingga peserta diajarkan bagaimana menjadi seorang pemimpin yang baik, bertanggung jawab.

“Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang bisa menghargai pendapat orang lain, percaya diri, berwawasan luas, berani serta mampu berkomitmen,” ujarnya.

Peserta LDKS SMK MJPS 2 Tasikmalaya, Mohamad Fahmi Nasrudin kelas XI dari Jurusan Teknik Kendaraan Ringan dan Otomotif (TKRO) menceritakan selama meng­ikuti LDKS ia bisa memahami keorganisasian, kemampuan berargumen, kekompakan dan kerja sama, serta solidaritas.

“Dengan mengikuti LDKS ini saya merasa bisa aktif dan menambah wawasan organisasi sehingga bermanfaat untuk kemajuan sekolah dan bersosialisasi di lingkungan masyarakat,” katanya. (riz)

Be the first to comment on "SMK MJPS 2 Mendidik Siswa Berjiwa Pemimpin"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: