Hasil PPKS 85 Persen Sangat Baik

IKUT PENILAIAN. Sebanyak 49 SMA/SMK Negeri melaksanakan Penilaian Prestasi Kepala Sekolah (PPKS) di Lingkungan Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XII Tasikmalaya pada Desember 2020. Foto bawah, Pengawas SMA Kantor Dinas Pendidikan Provinsi XII Tasikmalaya H Dadang Abdul Patah (pegang mic) melakukan Penilaian Prestasi Kepala Sekolah (PPKS) di Lingkungan Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XII Tasikmalaya pada Desember 2020.

TASIK – Sebanyak 49 SMA/SMK Negeri melaksanakan Penilaian Prestasi Kepala Sekolah (PPKS) di Lingkungan Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XII Tasikmalaya pada Desember 2020.

Hasilnya 85 persen mendapatkan penilaian sangat baik dan sisanya baik. Dengan poin penilaiannya enam aspek yaitu; kepribadian dan sosial, kepemimpinan pembelajaran, pengembangan sekolah, manajemen sumber daya, kewirausahaan dan supervisi pembelajaran.

Pengawas SMA Kantor Dinas Pendidikan Provinsi XII Tasikmalaya H Dadang Abdul Patah mengatakan PKKS di SMA/SMK negeri ini sebagai bahan evaluasi kompetensi yang dikuasai oleh kepala sekolah. Sehingga mampu meningkatkan mutu pendidikan sekolah.


”Hasil penilaian hampir semua kepala sekolah negeri ini dengan kategori baik sekitar 15 persen dan sangat baik 85 persen,” kata dia kepada Radar, Rabu (16/12).

Komponen penilaiannya, kata dia, seperti kepribadian dan sosial untuk kepala sekolah mesti mempunyai kriteria berakhlak mulia, mengembangkan budaya dan tradisi, menjadi teladan bagi komunitas di sekolah. “Itu diwujudkan program sekolah.

Seperti; warga sekolah melaksanakan ibadah rutin yang sesuai dengan agama, mencotohkan sikap selalu berempati serta kemampuan mengembangkan budaya senyum, salam, sapa, sopan, dan santun,” ujarnya.

Selanjutnya ada, penilaian di supervisi pembelajaran. Kepala sekolah mesti menyusun program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru.

“Dalam rangka tersebut bisa kepala sekolah fokus perbaikan proses dan hasil belajar serta pendelegasian pembagian tugas supervisor kepada guru senior,” katanya.


Karena KPPS ini menjadi tolok ukur kualitas dari kepala sekolah. Sehingga ketika ada kekurangan terus melakukan kita terus melakukan pembinaan dan pengembangan untuk penguatan dalam meningkatkan penguasaan enam aspek yang ada di kepala sekolah.

“Sekarang sedang di rapat pleno kan oleh tim pengawas, ketika sepakat untuk didatangi dan baru diserahkan KCD untuk dikirim ke Dinas Pendidikan Provinsi Jawa barat. Nantinya itu sebagai pertimbangan rotasi dan mutasi kepala sekolah,” ujarnya.

Pengawasan SMA Wilayah KCD XII Wilayah XII Tasikmalya Dra Lina Marlina MPd menjelaskan hasil dari KPPS ini akan memberikan acuan kebutuhan pengembangan keprofesian berkelanjutan dan menentukan kinerja seorang kepala sekolah dalam kurun waktu tertentu.

“Dengan begitu memberikan informasi akurat kepada pihak kepala sekolah tentang kualitas kinerjanya yang sesuai dengan standar kompetensi dan tupoksinya,” ujarnya. (riz)

Be the first to comment on "Hasil PPKS 85 Persen Sangat Baik"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: