Pola Hidup Sehat Bantu Cegah Covid-19

PAKAI MASKER. Petugas Polsek Cimaragas memberikan masker kepada warga yang tidak memakai masker di wilayah hukumnya pada Minggu (13/12/2020).

CIAMIS – Polsek Cimaragas gencar mengimbau masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat sebagai salah satu upaya untuk mencegah penyebaran wabah virus corona (Covid-19). Imbauan disampaikan secara Mobile di wilayah hukumnya pada Minggu (13/12/2020).

Kapolsek Cimaragas AKP Ono Supriatno SAg SH MH menerangkan, hal-hal yang disampaikan kepada masyarakat di antaranya berupa penerapan protokol kesehatan seiring diperketatnya Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) di wilayah hukumnya akibat perkembangan penyebaran Covid-19 terus meningkat.

“Kepada masyarakat kami minta untuk selalu waspada dan memedomani protokol kesehatan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak serta tidak berkerumun.

Sebab dengan disiplin baik diri, lingkungan dan keluarga kita semua dapat mencegah dari bahaya penyebaran Covid-19,” katanya.

Dalam kondisi Pandemi Covid-19, kata AKP Ono, penggunaan masker merupakan suatu kewajiban bagi seluruh masyarakat.

Kewajiban menjaga kesehatan adalah merupakan kedisiplinan pribadi yang harus diterapkan dengan kesadaran sendiri.

“Peran serta masyarakat untuk upaya memutuskan rantai penyebaran Covid-19 sangat dibutuhkan, yaitu dengan disiplin diri untuk mematuhi protokol kesehatan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

Jangan lupa selalu menggunakan masker terutama apabila beraktivitas di luar rumah,” tuturnya.

Di samping harus mematuhi protokol kesehatan, AKP Ono menambahkan, kepada masyarakat sebagai pengguna jalan juga harus mematuhi aturan lalu lintas.

“Pada kendaraan bermotor upayakan menggunakan kunci ganda untuk mengantisipasi kejadian pencurian kendaraan bermotor,” katanya.

Sementara itu, di Jakarta, Satgas Penanganan Covid-19 pusat menanggapi saran dari masyarakat yang menganjurkan pemerintah untuk menarik “rem darurat” nasional untuk menekan laju penularan Covid-19.

Namun hal itu tidak serta-merta dapat dilakukan dan harus melalui berbagai pertimbangan.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan bahwa pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang ketat perlu pertimbangan yang matang dengan melakukan pendekatan multisektor.

“Oleh karena itu kebijakan yang diambil dengan harus menggunakan pendekatan multisektor dan memperhatikan aspek lainnya,” ujar Wiku di Jakarta.

Pemerintah pusat dan daerah perlu melakukan pertimbangan dengan prinsip tahapan pembukaan dan penutupan sektor saat pandemi.

“Hal ini dikarenakan meskipun pada esensinya kasus Covid-19 merupakan masalah kesehatan, namun dampaknya dirasakan berbagai sektor lainnya,” katanya (isr/snd)

Be the first to comment on "Pola Hidup Sehat Bantu Cegah Covid-19"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: