Pastikan Protokol Kesehatan Diterapkan di TPS

MENINJAU. Suasa pemungutan suara Pilkada 2020 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 09 di Desa Cipakat Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (9/12/2020).

TASIK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tasikmalaya memastikan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara Pilkada Kabupaten Tasikmalaya 2020 di beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) berjalan menerapkan protokol kesehatan, Rabu (9/12/2020).

Monitoring itu diikuti oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Tasikmalaya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kapolres Tasikmalaya AKBP Hendria Lesmana SIK, Polres Tasikmalaya Kota, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Tasikmalaya M Syarif SH MH, Dandim 0612 Tarumanagara Letkol Ari Sutrisno, Danlanud Wiriadinata Letkol Nav Djoko Purnomo, Desk Pilkada dan Bawaslu.

PENGECEKAN. Petugas Tempat Pemungutan Suara (TPS) 14 Desa Cibalanarik Kecamatan Tanjungjaya mengecek suhu tubuh seorang pemilih dengan thermogun, Rabu (9/12/2020).

Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya Divisi Hukum dan Pengawasan Fachrudin SAg mengatakan KPU, Bawaslu dan Forkopimda melaksanakan monitoring ke tahapan pemungutan suara di beberapa TPS di Kecamatan Singaparna, Padakembang, Sukaratu dan Cisayong.

“Kami melakukan monitoring untuk memastikan kelancaran terkait pelaksanaan pemungutan suara di TPS, terutama terkait patuh protokol kesehatan di TPS,” tutur Fachrudin kepada wartawan di TPS 09 di Desa Cipakat Kecamatan Singaparna.

Selama pantauan, menurut dia, jalannya tahapan pemungutan suara di TPS, semuanya melaksanakan protokol kesehatan.

Adapun terkait pemilih yang sedang menjalani isolasi mandiri, petugas KPPS dan PPS jemput bola. “Pasien Covid-19 ini kita konfirmasi dulu, melalui video conference di konfirmasi terkait akan melakukan pemilihan melalui C pendamping pemilih oleh keluarganya.

Nanti dari KPPS mendatangi rumah tersebut, disaksikan oleh saksi dan pengawas TPS,” kata dia.

MEMILIH. Wakil Gubernur Jawa Barat mencoblos di TPS 02 Desa Kalimangis Kecamatan Manonjaya, Rabu (9/12/2020)

Adapun, lanjut dia, bilik suara khusus yang disediakan di setiap TPS, untuk pemilih yang datang di cek suhu tubuh lebih dari 37,3 derajat celcius. Kemudian diarahkan ke bilik khusus jadi tidak masuk ke areal TPS.

Ketua Desk Pilkada Kabupaten Tasikmalaya Mohamad Zen menambahkan bahwa selama pantauan Desk Pilkada bersama KPU, Bawaslu dan Forkopimda jalannya pemungutan suara sesuai protokol kesehatan.

“Alhamdulillah berjalan sesuai protokol kesehatan, mudah-mudahan ini menjadi gambaran bagi semua pelaksanaan pemungutan suara di seluruh TPS. Berjalan tertib, aman, lancar dan sehat,” tutur dia.

WAWANCARA. Kapolres Tasikmalaya AKBP Hendria Lesmana SIK diwawancara saat memonitor pelaksanaan pemungutan suara di TPS 09 di Desa Cipakat Kecamatan Singaparna, Rabu (9/12/2020).

Kapolres Tasikmalaya AKBP Hendria Lesmana SIK mengatakan pantauan Forkopimda ke beberapa titik TPS di Kecamatan Singaparna, Padakembang, Sukaratu dan Cisayong, pelaksanaan pemungutan suara berjalan sesuai protokol kesehatan.

“Hasil pemantauan kami Muspida, KPU dan Bawaslu, pada intinya pelaksanaan pemungutan suara di TPS berjalan dengan lancar dan kami melakukan pemantauan terkait tahapan di tengah pandemi Covid-19,” papar dia.

Menghitung. Penghitungan suara di TPS 1 Desa Ciawi Kecamatan Ciawi.

Forkopimda bersama KPU dan Bawaslu, tutur dia, memastikan jalannya proses tahapan pemungutan dan penghitungan suara di Pilkada Tasik sesuai dengan protokol kesehatan, dengan menyediakan alat cuci tangan, memakai masker, hand sanitizer, disinfektan dan alat pengukur suhu serta bilik khusus bagi pemilih bersuhu badan 37,5 derajat.

Salah satu pemilih asal Desa Cipakat Kecamatan Singaparna Sarip Hidayat (48) menuturkan sebagai pemilih tidak merasa kesulitan atau bahkan ribet mencoblos dengan penerapan protokol kesehatan. Memakai masker, sarung tangan, di cek suhu tubuh dan lainnya.

“Tidak merasa ribet, karena demi kesehatan kita bersama, karena dilakukan pemilihan di tengah pandemi Covid-19. Jadi kita mengikuti aturan pemerintah demi jalannya aman, damai, tertib juga sehat,” tutur dia. (dik)

 

Be the first to comment on "Pastikan Protokol Kesehatan Diterapkan di TPS"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: