Waspada Lonjakan Penyebaran Saat Liburan

Istimewa MENGINGATKAN. Petugas Polsek Cimaragas Polres Ciamis mengingatkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan selama beraktivitas di luar rumah, Minggu (6/12/2020).

CIAMIS – Masa libur panjang Natal dan akhir tahun mendatang, diharapkan jangan menjadi “musim panen” kasus.

Satgas Penanganan Covid-19 menegaskan, hal ini cukup beralasan, karena dari pengalaman pada masa libur panjang sebelumnya, peningkatan jumlah penambahan kasus terkonfirmasi positif akan terjadi pada sekitar 2 pekan setelahnya.

“Setiap periode libur panjang berlangsung, panen kasus pasti akan terjadi pada 10-14 hari setelahnya,” ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito di Jakarta.

Dalam mengantisipasi masa libur panjang Natal dan Tahun Baru 2021, Satgas Covid-19 Pusat menyarankan ada beberapa hal yang harus dijadikan pelajaran untuk mengantisipasi kenaikan kasus.

Pertama, kepada seluruh kepala daerah untuk mengoptimalisasi penegakan disiplin terhadap protokol kesehatan. “Lakukan ini tanpa pandang bulu kepada seluruh masyarakat,” kata Wiku.

Kedua, masyarakat diminta untuk bijaksana dan sadar untuk meminimalisasi mobilitas. Karena, dari hasil temuan dari Yilmazkuday 2020, menyebutkan peningkatan intensitas untuk tetap di dalam rumah.

Dari hasil studinya, dengan mengurangi kunjungan ke area publik sebesar satu persen, sudah dapat mengurangi puluhan kasus dan kematian Covid-19 per minggu.

“Temuan ini harusnya dapat memotivasi kita semua untuk mengambil pilihan bijak yaitu tinggal di rumah dan menghindari keramaian,” katanya.

Ketiga, ada beberapa alternatif kegiatan lainnya yang dapat dipilih dalam mengisi masa libur Natal dan Tahun Baru 2021. Seperti virtual tour ke tempat-tempat wisata dan lainnya.

Atau bisa juga memilih untuk staycation ( stay vacation). Pada prinsipnya, pilihan kegiatan tersebut memungkinkan masyarakat untuk berlibur tanpa menimbulkan kerumunan, yang tentunya meminimalisir potensi penularan Covid-19.

“Meski demikian, dalam pelaksanaan kegiatan ini saya tetap ingatkan kepada masyarakat untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan,” tutur Wiku.

Polsek Cimaragas Polres Ciamis turut serta mengingatkan masyarakat buntu mematuhi 3M: memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Kapolsek Cimaragas AKP Ono Supriatno SAg SH MH menerangkan polisi turut serta menyosialisasikan 3M sesuai dengan Instruksi Presiden No 6 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan terkait Covid-19.

“Para petugas secara rutin menyosialisasikan pentingnya menerapkan protokol kesehatan,” ujar AKP Ono, Minggu (6/12/2020) pagi.

Pihaknya akan terus gencar menyosialisasikan 3M baik secara mobile maupun stasioner. Sosialisasi ini mengedepankan sisi humanis polisi.

“Semoga dengan rutinnya personel mengajak masyarakat untuk memedomani protokol kesehatan dapat menumbuhkan kesadaran dan diterapkan di kehidupan sehari-hari di tengah situasi pandemi.

Sehingga dengan disiplin dapat membantu pemerintah dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19,” tutur dia. (isr/snd)

Be the first to comment on "Waspada Lonjakan Penyebaran Saat Liburan"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: