Kiprah UKM Pramuka Unsil Peduli Kemanusiaan dan Duta Cegah Covid-19

ISTIMEWA KOMPAK. Pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Gerakan Pramuka Universitas Siliwangi (Unsil) dengan Gugus Depan Kota Tasikmalaya 02113-021142 masa bakti 2020 saat mengikuti pelantikan beberapa waktu lalu.

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Gerakan Pramuka Universitas Siliwangi (Unsil) dengan Gugus Depan Kota Tasikmalaya 02113-021142 tidak lelah bergerak untuk kemanusiaan dan pencegahan pandemi Covid-19.

Itu dilakukan oleh Dewan Racana Putra Prabu Siliwangi dan Dewan Rancana Putri Rarasubangkarancang.

Ketua Dewan Rancana Putri Rarasubangkarancang Anisa Fauzia Nurohmah mengatakan gerakan Pramuka Unsil ini terus berusaha pembentukan karakter generasi milenial yang memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa dan berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa. Maka di masa adaptasi kebiasaan baru ini, kami memiliki rasa tenggang rasa antar sesama.


”Maka kita melakukan turun aksi bekerja sama dengan UKM di Unsil untuk menggalang dana. Hasilnya untuk dibelikan 200 sembako dan masker yang dibagikan di sekitar Kecamatan Tawang,” katanya kepada Radar, Kamis (19/11/2020).

Gerakan Pramuka dituntut kreatif dan inovatif dalam menyikapi kondisi yang dihadapi, sehingga kami terus memberikan pencerahan kepada masyarakat agar penyebaran Covid-19 bisa dicegah.

Caranya mengampanyekan lewat video atau pamflet promosi hidup sehat, seperti mematuhi protokol kesehatan 3M; memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, dan mencuci tangan.

KEGIATAN-KEGIATAN VIRTUAL. Pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Gerakan Pramuka Universitas Siliwangi (Unsil) dengan Gugus Depan Kota Tasikmalaya 02113-021142 masa bakti 2020 saat mengikuti pelantikan dan kegiatan virtual beberapa waktu lalu.

“Kita sebagai duta pencegahan Covid-19 harus bergotong-royong, tenggang rasa saling membantu menekan penyebarannya.

Maka kami untuk sebarkan pesan disiplin memakai protokol kesehatan disampaikan kepada keluarga dan lingkungan sekitar,” ujarnya.

Selanjutnya, dia menyampaikan dalam membentuk anggota Pramuka agar meningkatkan eksistensi gerakan disiplin protokol kesehatan. Pihaknya terus melaksanakan seminar dan pembinaan secara virtual.

“Agar aktif dan berkegiatan gerakan Pramuka Unsil di era pandemi dengan virtual, ada seminar dan pembinaan,” katanya.


Menambahkan, Sekretaris Ketua Dewan Racana Prabu Siliwangi Johan, yang mewakili Ketua Dewan Racana Prabu Siliwangi, Apip Muhapidin menyatakan dalam menjawab tantangan pandemi Covid 19 gerakan Pramuka Unsil terus giatkan kegiatan secara virtual atau dalam jaringan (daring).

“Jadi kami tidak terhambat agar terus berjalan dalam menyiapkan para calon gerakan Pramuka yang handal serta cakap keilmuan dan keterampilannya.

Maka sudah mengadakan program seminar virtual untuk kesiapsiagaan kebencanaan tentang Pandemi Covid-19. Itu tertuju pada anggota Pramuka Se-Priangan Timur tingkat SMP hingga Perguruan Tinggi,” ujarnya.

“Tujuannya mengedukasi anggota Pramuka supaya mengetahui apa itu bencana dan paham cara menanggulangi dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.


Kemudian ada, seminar nasional online kepramukaan. Bertemakan mengembangkan gerakan pramuka aktif dan produktif di masa pandemi Covid-19. “Sehingga anggota Pramuka tetap berkarya di tengah pandemi Covid-19. Baik dengan layanan promosi kesehatan atau lainnya,” katanya.

Selain itu, UKM Gerakan Pramuka Unsil Gugus Depan Kota Tasikmalaya 02113-021142 terus produktif dan ber­karya dengan kegiatan virtual.

Yang selanjutnya akan melaksanakan Khusus Mayor Dasar (KMD) untuk mencetak calon pembina dengan peserta umum, dilaksanakan pada 21-27 November. (riz)

Be the first to comment on "Kiprah UKM Pramuka Unsil Peduli Kemanusiaan dan Duta Cegah Covid-19"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: