KCD Siapkan Program Pendidikan Keprofesian dan Magang di Jerman

KCD Siapkan Program Pendidikan Keprofesian dan Magang di Jerman

TASIK – Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah XII Tasikmalaya Dr Abur Mustikawanto MEd mengatakan agar lulusan SMA/SMK berdaya saing global, pihaknya berinisiatif membuat program webinar Pendidikan Keprofesian dan Magang (Ausbildung) dengan pemerintah Jerman pada Jumat (13/11/2020). Tujuannya agar siswa mempunyai kompetensi magang dan kesempatan kerja.

”Kegiatan ini mengenalkan bahwa pemerintah Jerman menerima siswa SMA/SMK yang ingin belajar di Jerman dengan dibarengi magang, sehingga bisa meningkatkan kompetensi sumber daya manusia Indonesia yang berwawasan global,” kata Abur kepada Radar, Rabu (18/11/2020).

Sambung Abur, program webinar tersebut menghadirkan pembicara dari Koordinator Program Ausbildung Jawa Barat Drs Kamajaya MPd dan Direktur Utama Bright Education Indonesia Astria Dewi SPd.

Mereka menjelaskan tidak seimbangnya antara lulusan dengan lowongan pekerjaan yang tersedia, itu karena dampak ekonomi nasional dan global.

Kemudian, tidak sesuainya kompetensi yang dimiliki lulusan dengan kompetensi yang dituntut oleh dunia industri. Baik skala nasional ataupun internasional.

“Melihat persoalan di atas, kita terus berusaha memperbaiki ketersediaan dan keterserapan pekerjaan, salah satunya program pendidikan keprofesian dan Ausbildung (magang, Red) di Jerman,” ujarnya.

Bagi yang ingin mengikutinya, calon siswa tersebut akan menerima masa pendidikan sebelum ditempatkan studi dan bekerja di Jerman.

“Persyaratannya mengikuti kursus/ pembelajaran bahasa Jerman selama 4-6 bulan dan dinyatakan lulus mendapatkan sertifikasi ujian bahasa Jerman A-2. Maka mereka akan bisa menuju ke Jerman,” kata Abur.

Penghasilan saat belajar dan bekerja di Jerman, kata Aburm bisa mencapai Rp 500 juta selama tiga tahun.
Sistem pembelajaran ma­gang ini pun, kata dia, meng­untungkan.

Karena siswa bisa melaksanakan belajar dengan nyata ataupun aplikatif karena 70% praktik dan 30% teori. “Bagi yang bisa pendidikannya juga sejajar dengan diploma 3,” ujarnya menjelaskan. (riz)

Be the first to comment on "KCD Siapkan Program Pendidikan Keprofesian dan Magang di Jerman"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: