SMAN 2 Singaparna Milad k-7

Cetak Siswa Berprestasi dan Peduli Lingkungan

PELANTIKAN. Kepala SMAN 2 Singaparna Ade Gunawan SPd MPd (kiri) melantik pengurus OSIS dan MPK terpilih masa bakti 2020/2021 beberapa waktu lalu.

Kamis 19 November 2020, SMAN 2 Singaparna memperingati Milad ke- 7. Temanya, Optimis dalam Mewujudkan Sekolah Berprestasi, Sekolah yang Nyaman dan Ramah di Era Pandemi Covid-19.

Kepala SMAN 2 Singaparna Ade Gunawan SPd MPd mengatakan di Milad ke-7, ia terus mengoptimalkan agar terwujudnya visi-misi sekolah.

Adapun visi SMAN 2 Singaparna yaitu terciptanya lingkungan sekolah yang kondusif, berbudaya dan berbudaya secara religius.


“Ke depannya saya selalu mendukung adanya guru penggerak dan menciptakan program-program yang meningkatkan prestasi siswa, baik akademik siswa dan non akademik,” kata Ade kepada Radar, Rabu (18/11/2020).

Visi tersebut diwujudkan dengan misi sekolah yaitu terus memberikan keteladanan etika dan moral agar siswa tumbuh menjadi berbudi sesuai dengan kepercayaan yang dianutnya, memberikan pelayanan dan bimbingan sikap optimis dalam upaya meningkatkan kreativitas siswa, secara akademik dan non akademik.

“Sehingga tidak ada halangan di masa pandemi Covid-19 melaksanakan pembelajaran dan membangun optimis untuk siswa agar dapat meraih prestasi tingkat daerah, provinsi, nasional, dan internasional,” ujarnya.

Dia meminta kepada guru, baik yang S1 dan S2 bisa memberikan kontribusi untuk menciptakan sumber sumber daya manusia berkualitas dan siap menghadapi tan­tangan era globalisasi.

“Apalagi guru di sini 30 persennya sudah S2 dari 48 orang. Sehingga saya optimis ketika diajak lari untuk terus meningkatkan kualitas itu mau dan mampu,” kata dia.

Berkat kerja sama civitas akademika SMAN 2 Singaparna, selama ini bisa meraih prestasi akademik dan non akademik, antara lain; Tsalsa Putri Damayanti juara 2 renang gaya dada tingkat nasional di UNY 2018 dan SMAN 2 Singaparna mendapatkan penghargaan dari Lembaga Penelitian dan Pendidikan Indonesian Development Achievement Foundation tahun 2018.


Kemudian, M Ramadhan meraih juara 1 se-Jawa Barat untuk Hiking Rally Fun dalam rangka lomba penegak terampil 2019 dan lainnya.

Lalu di masa pandemi juga siswa kita tetap berprestasi, seperti dari alumnus 2020 Irma Agustina sebagai Duta Putri Pendidikan Indonesia dari Jawa Barat dan Yolan Salma mendapatkan juara 1 Vokal Religi tingkat Priangan Timur di STIKes Respati Tasikmalaya.

“Walau baru, dengan siswa terus mencetak prestasi akademik dan non akademik sehingga bisa sejajar atau unggul dari sekolah lainnya,” ujarnya bangga.

Agar mencapai visi sekolah lingkungan yang kondusif, sambung Wakasek Kesiswaan SMAN 2 Singaparna Dan Artadinan SPd MPd menye­butkan sebanyak 684 siswa diajak untuk peduli lingkungan yang diwujudkan dengan pengabdian masyarakat.

Itu juga ber­dasarkan dalam Kurikulum 2013 ada pen­didikan penguatan karakter (PKK, Red). “Tujuan­nya mendidik dan menonjolkan siswa memiliki kepedulian sosial,” kata dia.

Cara mengenalkannya program tersebut kepada siswa yaitu dengan mengajak mereka peduli pencegahan Covid-19.

Caranya, dengan membagikan 1.000 masker kepada masyarakat, 250 hand sanitizer dan selebaran promosi kesehatan bahaya Covid-19.

“Dengan adanya siswa hadir di tengah masyarakat maka akan terciptanya lingkungan yang kondusif,” ujarnya menjelaskan. (riz)

Be the first to comment on "Cetak Siswa Berprestasi dan Peduli Lingkungan"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: