SPOT Unsil Mengasah Mahasiswa Berkreativitas

KREATIF. Kepengurusan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Siliwangi Photography (SPOT) Unsil Tasikmalaya Tahun 2020 kompak foto bersama.

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Siliwangi Photography (SPOT) Unsil Tasikmalaya tetap eksis dan berkreativitas meski di masa pandemi. Mereka membekali mahasiswa dalam fotografi, videografi dan desain grafis.

Plt Ketua SPOT Unsil Tasikmalaya Muhammad Rifki Rahmat Alkahar mengatakan, mahasiswa yang bergabung di sini untuk bisa mendalami bidang fotografi, videografi, dan desain grafis. Sehingga bisa memotret gambar dengan cara kreatif dan memiliki karya seni.

”Mahasiswa yang mengikuti UKM SPOT ini menjadikan tempat belajar berkesenian lewat lensa, sehingga mampu meluapkan ide kreatifnya agar tidak asal mengambil foto,” kata dia Kamis (12/11/2020).

Dengan begitu, anggota SPOT mampu mengambil gambar yang indah. Lanjut Rifki, misal mengambil foto keseharian, momen istimewa atau lainnya ketika memiliki makna dan ada pesan disampaikan akan memiliki momentum yang berharga.


”Di sinilah bagaimana anggota SPOT ini bisa memotret foto untuk menumbuhkan kreativitas agar bisa memiliki unsur estetika atau keindahan,” ujarnya.

Selain itu, agar terus menjaga kualitas SDM, pihaknya terus mengajak anggota agar dapat meningkatkan karya atau kreasi fotonya untuk mengikuti kompetisi.

“Bersyukur anggota kami bisa mendapatkan juara tiga besar pekan seni mahasiswa nasional (Peksiminas, Red) Regional Jabar,” kata dia bangga.

Kemudian, walaupun pandemi Covid-19, anggota SPOT Unsil harus tetap produktif menjalankan program kerja. Pihaknya pun menjalankan kegiatan secara online untuk pengkaderan anggota baru SPOT.


Diklat Spot itu membagi usahakan karya tema: Home Town/Kampung Halaman, Covid-19 dan Rumahku.

“Maka ketika mahasiswa Unsil mengikuti SPOT sebagai wadah berkarya dan belajar bersama dalam mengabadikan momen dengan lensa,” ujarnya.

Kepala Divisi Kominfo SPOT Aditya Surya Pratama menjelaskan, mahasiswa yang bergabung di UKM SPOT akan diajarkan bagaimana basic memotret. Caranya dikenalkan penggunaan ISO, diafragma dan speed yang tepat.

“Di wadah ini juga dikenalkan dengan berbagai perkembangan kamera zaman ke zaman. Mulai dari kamera lubang jarum, analog (manual) sampai kamera digital yang sangat canggih sekalipun,” katanya.

Selanjutnya, untuk anggota baru juga dikenalkan jenis-jenis fotografi seperti fotografi landscape, fotografi makro, fotografi hitam putih, foto jurnalistik, foto dokumenter, dan lainnya.


“Jadi kita kenalkan secara basic photography dan bisa mengetahui khas gambar lensa dari masing-masing anggota baru.

Dengan cara melaksanakan pendampingan agar memiliki teknik pengambilan foto dan mengenalkan jenis-jenis fotografi,” ujarnya.

Agar anggota SPOT memiliki kemampuan dan pengalaman biasanya membuat program unggul yaitu spotyfest. Karena saat ini sedang pandemi akan dirancang secara online.

“Biasa kegiatan tersebut dapat meningkatkan kualitas dan kompetensi anggota SPOT. Karena bisa mengisi pameran foto, belajar di talk show tentang fotografi, mini hunting, hingga bedah karya film,” katanya. (riz)

Be the first to comment on "SPOT Unsil Mengasah Mahasiswa Berkreativitas"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: