Tangguh, Bersatu Membangun Negeri

PROTOKOL KESEHATAN. Kapolres Ciamis AKBP Dony Eka Putra SIK saat menghadiri Peringatan Hari Pahlawan di halaman Pendopo Ciamis, Selasa (10/11/2020). Upacara peringatan Hari Pahlawan di Ciamis menerapkan protokol kesehatan.

CIAMIS – Memperingati Hari Pahlawan Nasional yang jatuh setiap tanggal 10 November, Pemerintah Kabupaten Ciamis menggelar upacara pengibaran bendera merah putih di halaman Pendopo Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa pagi (10/11/2020).

Dalam upacara tersebut, bertindak selaku inspektur upacara, Bupati Ciamis H Herdiat Sunarya, pemimpin upacara Kasat Pol Air Polres Ciamis AKP Sugianto, pembaca teks Pancasila KBO Sabhara Ipda Ari dan pembaca teks UUD 1945 Kanit Kamsel Satlantas Ipda Sony.

Sementara untuk pengibar bendera merah putih berasal dari Paskibraka Kabupaten Ciamis serta pembaca pesan-pesan Pahlawan perwakilan purnawirawan.

Sementara untuk peserta upacara sendiri terdiri dari gabungan pasukan dari TNI-Polri dan instansi Pemerintah Kabupaten Ciamis.

Mereka terdiri dari Personel Kodim 0613/Ciamis, Polres Ciamis, Satpol PP Kabupaten Ciamis, Dishub Kabupaten Ciamis dan ASN Kabupaten Ciamis.

Turut serta menghadiri kegiatan tersebut, Kapolres Ciamis AKBP Dony Eka Putra SIK, Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra, Kepala Kejaksaan Negeri Ciamis Hj Sri Respatini SH MHum serta para SKPD Kabupaten Ciamis.

Pada kesempatan inspektur upacara H Herdiat Sunarya menyampaikan amanatnya bahwa Hari Pahlawan Nasional ini tidak hanya sekadar diingat setiap tanggal 10 November.

Namun harus lebih dari itu perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

”Saya minta tidak hanya sebatas seremonial saja namun harus dikenang perjuangan para pahlawan sepanjang masa.

Sesuai dengan tema Hari Pahlawan Nasional Tahun 2020 yaitu ’Pahlawan Sepanjang Masa’,” kata Bupati.

Bupati mengungkapkan, meskipun dalam masa pandemi Covid-19, peringatan Hari Pahlawan Nasional Tahun 2020 diharapkan dapat berlangsung secara khidmat dan tidak menghilangkan maknanya.

Bahkan dapat memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa agar terus bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa.

”Kita lanjutkan perjuangan para pahlawan dengan bersatu, bergotong royong mengisi kemerdekaan dengan membangun negeri.

Jangan sia-siakan perjuangan para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya demi Bumi Pertiwi ini.

Kita buktikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang tangguh, berdaya saing, penuh dengan daya kreasi yang tidak kalah dengan bangsa-bangsa lain di dunia,” ujarnya.

Pelaksanaan upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka peringatan Hari Pahlawan Nasional Tahun 2020 di Kabupaten Ciamis tetap mengedepankan protokol kesehatan. Para peserta yang hadir menggunakan masker dan saling menjaga jarak kontak sosial setiap individu.

Setelah pelaksanaan upacara pengibaran bendera merah putih di pendopo, Bupati beserta tamu undangan lainnya bertolak langsung ke Taman Makam Pahlawan Imbanegara.

Di sana Bupati dan Kapolres Ciamis beserta rombongan melaksanakan upacara ziarah nasional dan tabur bunga di pusaran para pahlawan. (isr)

Be the first to comment on "Tangguh, Bersatu Membangun Negeri"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: