Sepuluh Dokter di RSUD Swab Test Jalur Cepat

EMENTARA. Pelayanan IGD RSUD masih ditutup pasca ada tenaga kesehatan yang positif Covid-19, Selasa Siang (3/11). Tadi malam pelayanan kedaruratan itu sudah mulai beroperasi lagi.

TASIK – Setelah beberapa saat tutup, layanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD dr Soekardjo sudah siap dibuka lagi. Beberapa tenaga kesehatan telah dinyatakan negatif dan bisa kembali bekerja.

Sampai Selasa siang (3/11) layanan IGD rumah sakit RSUD dr Soekardjo masih belum beroperasi. Akses masuk masih diportal sebagai tanda bahwa layanan kedaruratan tersebut masih ditutup.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, dr Uus Supangat mengakui pelayanan tersebut masih ditutup. Hal itu berkaitan dengan adanya tenaga kesehatan yang dinyatakan positif Covid-19. “Iya kami sudah upayakan tracing,” ujarnya kepada Radar, Selasa (3/11).

Namun, menurutnya penutupan itu tidak akan berlangsung lama. Setelah tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan itu siap, maka IGD bisa beroperasi lagi. “Nanti ada manajemen pegawai, bisa itu rolling pegawai atau yang lainnya,” ujar Uus.

Terpisah, Kabid Pelayanan RSUD dr Soekardjo, H Dudang Erawan Suseno mengatakan bahwa sepuluh dokter secara khusus menjalani swab test jalur cepat. Sore hari, sepuluh dokter sudah dinyatakan negatif. “Alhamdulillah hasilnya negatif,” terangnya.

Maka dari itu, pihaknya memutuskan untuk mengoperasionalkan kembali operasional IGD. Layanan kedaruratan itu sudah dibuka lagi pukul 21.00 tadi malam (kemarin, Red). “Mulainya malam hari, karena kita juga harus persiapan dulu tempat dan SDM-nya,” ujarnya.

Untuk perawat, sementara masih menjalani isolasi mandiri di rumahnya. Namun tenaga keperawatan menurutnya bisa diperbantukan dari bagian pelayanan lain yang sesuai. “Karena yang penting itu dokternya dulu,” terangnya.

Gedung rawat inap Dahlia pun akan kembali diaktifkan kembali. Untuk layanan ini pihaknya tidak begitu terkendala mengingat perawat yang menjalani isolasi hanya tiga orang. “Dari kemarin juga untuk Dahlia tidak akan lama, hanya perlu waktu untuk sterilisasi saja,” katanya.

Disinggung soal penanganan pasien Covid-19, sejauh ini tidak ada masalah. Pasalnya, petugas di ruang isolasi merupakan tim khusus dan jarang melakukan kontak dengan pegawai secara umum. “Kalau penanganan isolasi alhamdulillah sejauh ini aman,” imbuhnya. (rga)

Be the first to comment on "Sepuluh Dokter di RSUD Swab Test Jalur Cepat"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: