Mahasiswa Bidikmisi Dilatih Digital Marketing

UPI Asah Jiwa Wirausaha Mahasiswa

PELATIHAN VIRTUAL. Ketua Tim PkM UPI Kampus Tasikmalaya Dr Hj Epon Nur’aeni L MPd memberikan pelatihan dasar digital marketing untuk mahasiswa Bidikmisi beberapa waktu lalu.

TASIK – Dosen Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Tasikmalaya melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) berbasis Kewirausahaan.

Itu sebagai program pengabdian berupa Pelatihan Digital Marketing berbasis Duo Helix untuk 20 mahasiswa Bidikmisi di kampusnya.

PkM ini bertemakan Pelatihan Dasar Digital Marketing untuk Mahasiswa Bidikmisi. Pelatihan tersebut dijalankan oleh Tim PkM yaitu; Dr Hj Epon Nur’aeni L MPd, Drs H Oyon Haki Pranata MPd, Dindin Abdul Muiz L SSi SE MPd.

Ketua Tim PkM UPI Kampus Tasikmalaya Dr Hj Epon Nur’aeni L MPd menjelaskan pengabdian ini diselenggarakan UPI dalam membantu mahasiswa Bidikmisi bisa mengajarkan masyarakat mandiri berwirausaha. Jadi bukan hanya pemerintah memberikan beasiswa saja.

“Mereka punya kemampuan akademik yang bagus, sehingga program PkM ini niatnya membantu agar menjadi lulusan yang kreatif mandiri dan pemutus rantai kemiskinan,” kata dia kepada Radar, Kamis (29/10/2020).

“Kemudian, sebagaimana amanah Undang-undang, bagi penerima bidikmisi diharapkan dapat menjadi solusi bagi masyarakat,” ujarnya.

Hj Epon menambahkan dalam program pengabdian ini dilaksanakan selama lima bulan, terhitung Juli hingga Desember 2020.

Untuk rangkaiannya pelatihan dengan tiga tahapan, yakni; tahapan inkubator bisnis, studi kasus, dan roll out pasar.

“Nantinya, diharapkan akan lahir banyak wirausaha muda baru dari kalangan mahasiswa,” kata dia.

Kemudian, PkM ini sebagai menyambut tren ekonomi digital yang terus berkembang. Lalu melihat peluang kebiasaan masyarakat berbelanja dengan digital.

“Meskipun kegiatannya daring, berharap peserta dapat menyerap materinya. Sehingga mampu membantu UMKM di lingkungannya,” ujarnya.

Maka saat ini, kata dia, peserta sudah masuk dalam tahapan studi kasus. Sebentar lagi, mereka akan langsung praktik dan hadir membantu UMKM di Tasikmalaya.

“Ke depannya juga bisa mengawal UMKM secara berkelanjutan,” sambungnya.
Program ini sebagai wujud komitmen UPI untuk menjadi Universitas pelopor dan unggul dalam layanan pengabdian. Tujuannya untuk memecahkan masalah di masyarakat.

“Maka pelatihan yang diselenggarakan ini merupakan program yang didanai dari RKAT LPPM UPI. Serta bekerja sama dengan beberapa praktisi bisnis dan UMKM,” kata dia.

Salah satu peserta, Rizky Firmansyah mengatakan bahwa dirinya mendapatkan hal baru yang didapatkan melalui pelatihan digital marketing. Sehingga mengetahui rahasia marketing dan cara menjualnya.

“Ternyata banyak hal yang baru dalam perkembangan memasarkan produk UMKM. Karena sekarang ini masanya penjualan online,” ujarnya. (riz)

Be the first to comment on "UPI Asah Jiwa Wirausaha Mahasiswa"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: