BPJS Kesehatan Gelar Media Workshop Virtual

Sektor Kesehatan Lokomotif Pertumbuhan Ekonomi

WORKSHOP. Perwakilan media mengikuti Media Workshop dan Anugerah Lomba Karya Jurnalistik BPJS Kesehatan secara virtual di Kantor BPJS Kesehatan Jalan Tanuwijaya Kota Tasikmalaya, Kamis (22/10).

TANUWIJAYA – Sektor kesehatan menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi di masa pandemi Covid-19.

Hal itu diungkapkan Pakar Asuransi Kesehatan dari Universitas Indonesia Prof Budi Hidayat saat Workshop Media dan Anugerah Lomba Jurnalistik BPJS Kesehatan secara virtual, yang diikuti perwakilan media Se-Indonesia, Kamis (22/10).

Ia menyebut, program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi. Meskipun faktanya sejak JKN beroperasi, justru adanya defisit.

“Namun bukan dari perspektif defisit, melainkan ada mekanisme di baliknya yang justru mendongkrak kegiatan ekonomi lain,” ujarnya.

Menurutnya, ketika ada gelontoran dana triliunan rupiah dalam bidang kesehatan, akan menjadi pipa pendorong kegiatan sektor ekonomi lain.

“Secara kongkret di rumah sakit katakanlah dulu hanya didatangi hanya 10 persen populasi, kini bisa dikunjungi lebih 50 persen.

Implikasi di sini adalah, rumah sakit menjadi ramai. Kemudian bisnis di sekitarnya ada warung, penjaga parkir ini bergerak.

Jadi ketika ada gelontoran dana di bidang kesehatan juga akan menjadi lokomotif penggerak di berbagai channel. Efeknya direct dan indirect,” ucapnya.

Sementara itu, sebagai upaya meningkatkan hubungan kemitraan dengan media dan memberikan informasi tentang Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Tasikmalaya menyelenggarakan Media Workshop dan Anugerah Lomba Karya Jurnalistik BPJS Kesehatan Tahun 2020 yang dilaksanakan secara virtual, Kamis (22/10).

Kepala Humas BPJS Kesehatan Muhammad Iqbal Anas Ma’ruf mengatakan, BPJS Kesehatan memerlukan media massa sebagai mitra BPJS Kesehatan dalam menyiarkan progres-progres konstruktif yang berhasil dikembangkan oleh BPJS Kesehatan dalam mengelola Program JKN-KIS.

“Diperlukan pengetahuan dan pemahaman yang baik oleh seorang jurnalis tentang program JKN-KIS, agar mereka dapat menyalurkan informasi tersebut dengan benar dan berimbang kepada masyarakat termasuk dalam hal ini terkait perkembangan Program JKN-KIS yang dikelola oleh BPJS Kesehatan sejak 1 Januari 2014,” katanya.

Kegiatan Media Workshop ini dilaksanakan 2 hari Kamis-Jumat (22-23/10). Dalam kegiatan ini juga akan diumumkan pemenang Lomba Karya Jurnalistik BPJS Kesehatan Tahun 2020. (na)

[/membersonly]

Be the first to comment on "Sektor Kesehatan Lokomotif Pertumbuhan Ekonomi"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: