Menenun Asa Lewat Sutra

MEMINTAL . Perajin tenun sutra alam Mardian Putera di Kampung Karanganyar Desa Cipondok Kecamatan Sukaresik Kabupaten Tasikmalaya sedang memintal benang sutra.

BANTUAN modal dari PGE Karaha itu ibarat penyambung nyawa. Bahkan menjadi titik balik geliat usaha kelompok tenun sutra alam Mardian Putera. Sebelumnya kelompok usaha tenun sutra di Kampung Karanganyar, Desa Cipondok Kecamatan Sukaresik Kabupaten Tasikmalaya itu nyaris tumbang diterjang badai pandemi. Jangankan menerima pesanan, aktivitas produksi pun lumpuh total.

Laporan: Hilmi Pramudya

Pandemi Covid-19 sempat membuat kelompok usaha tenun sutra alam Mardian Putera meradang. Bahkan usaha yang meliputi budi daya ulat sutra dan produksi kain tenun sutra itu terhenti. Tidak ada lagi pemasukan. Dua bulan. Mei hingga Juni 2020. Kelompok usaha juga mengalami defisit modal. Modal hasil patungan terpaksa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Anggota Kelompok yang terdiri dari 25 orang itu menganggur. Sebagian mereka bahkan harus serabutan demi bertahan hidup. Baca selengkapnya/berlangganan , disini

Be the first to comment on "Menenun Asa Lewat Sutra"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: