Perwalkot Soal Sanksi Denda Rencananya Diterbitkan Kamis

H Abu Mansur Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Tasikmalaya

TASIK – Pemerintah Kota Tasikmalaya masih mem­­bahas teknis dan regu­­lasi sanksi denda bagi masyarakat yang tak menggunakan masker. Pemkot merencanakan aturan soal sanksi tersebut terbit Kamis (30/7/2020).

Asisten Adminis­trasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Tasikmalaya H Abu Mansur menjelaskan sampai saat ini Pemkot masih membahas teknis regulasi sanksi ter­sebut.

Pihaknya juga masih menunggu launching Per­atur­an Gubernur tentang Sanksi Denda bagi warga yang tak menggunakan masker. “Informasinya launching hari ini oleh Pak Gubernur,” kata Abu Mansur kepada radartasik.id Selasa (28/7/2020).

Saat ini, kata dia, Peraturan Wali Kota Tasikmalaya mengenai sanksi denda masker masih dalam bentuk draf. “Kamis mudah-mudahan selesai… Kamis minggu ini,” ungkap dia.

Abu menjelaskan, sejauh ini belum ada teknis dalam penindakan sanksi denda bagi warga yang tak menggunakan masker itu. Namun kemungkinan besar sanksi yang akan diberlakukan yakni denda Rp 50.000 dan sanksi sosial berupa membersihkan fasilitas umum dan lainnya.

“Sanksi masih tetap tidak ada perubahan seperti apa yang sudah dikatakan oleh Pak Wali Kota,” jelas Abu.
Wakil Ketua DPRD Kota Tasikmalaya Muslim MSi menyatakan, Pemerintah Kota Tasikmalaya harus segera mempersiapkan regulasi yang jelas untuk penerapan sanksi denda bagi masyarakat yang tidak menggunakan masker tersebut.

“Akan lebih kuat bila sanksi tersebut dibarengi dengan aturan yang jelas seperti Peraturan Wali Kota,” kata dia.
Menurut dia, kondisi saat ini, kedisiplinan menggunakan protokol kesehatan harus lebih meningkat, khususnya penggunaan masker.

Muslim meminta, Pemerintah Kota Tasikmalaya juga menyosialisasikan terlebih dahulu penerapan sanksi denda tersebut.

Mulai penindakan, hingga uang hasil dendaan itu. Termasuk sanksi sosial juga harus betul-betul membuat efek jera bagi masyarakat yang memang bandel, ketika sudah diberlakukan sanksi tersebut.

“Saya minta sebelumnya ada sosialisasi yang jelas terlebih dahulu. Karena aturan ini harus diketahui oleh seluruh masyarakat Kota Tasikmalaya,” pintanya. (ujg)

Be the first to comment on "Perwalkot Soal Sanksi Denda Rencananya Diterbitkan Kamis"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: