Penanaman Perdana Kluster Bawang Merah

KLUSTER BAWANG MERAH. Bank Indonesia bersama Pemerintah Kota Banjar melakukan penanaman perdana kluster bawang merah di Blok Cimundu Dusun Girimulya Desa Binangun Kecamatan Pataruman, Rabu (22/7/2020).

BANJAR – Bank Indonesia (BI) perwakilan wilayah Tasikmalaya bersama Pemerintah Kota Banjar melakukan penanaman perdana kluster bawang merah di Blok Cimundu Dusun Girimulya Desa Binangun Kecamatan Pataruman, Rabu (22/7/2020).

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Tasikmalaya Heru Saptaji mengatakan penanaman kluster bawang merah merupakan bentuk kemandirian ekonomi di wilayah Priangan Timur. Karena sebelumnya Priangan Timur banyak ”mengimpor” bawang merah dari daerah Jawa Tengah, sehingga produk pertanian tersebut defisit 60 sampai 70 persen.

“Oleh karena itu kami mengundang Adi Utomo ahli training center dari Brebes yang merupakan mitra dari Bank Indonesia Tegal dalam proses penanaman bawang merah,” kata dia kepada wartawan di lokasi.

Heru menargetkan Kota Banjar menjadi salah satu pusat produksi bawang merah di Priangan Timur. Apalagi hamparan lahannya relatif luas. Target potensinya berkisar 25 sampai 35 hektare.

Dengan hamparan yang sangat luas tersebut, bisa disinergikan antara Pemkot Banjar dengan BI. Dengan demikian, sumber tekanan inflasi permasalahan ekonomi di Priangan Timur bisa lebih tertangani dan juga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Dengan adanya pendampingan kita harapkan produktivitas dan keberhasilan di dalam budidaya bawang merah bisa lebih meningkat lagi,” ungkapnya.

Wali Kota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih mengatakan penanaman kluster bawang merah di Kota Banjar memiliki manfaat yang sangat luar biasa. Dia pun menyambut baik ajakan BI untuk menjadikan Kota Banjar sebagai salah satu zona produksi bawang merah di Priangan Timur. Terlebih, Banjar merupakan agropolitan.

“Pengembangan bawang merah ini setidaknya mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Banjar. Meski sekarang baru 2 hektare, namun ke depannya berpotensi dikembangkan sampai 25 hektare. Tentu ini sangat luar biasa sekali,” ujarnya. (nto)

Be the first to comment on "Penanaman Perdana Kluster Bawang Merah"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: