Miliki Artefak Zaman Purba

Miliki Artefak Zaman Purba
SEJARAH. Artefak yang ditemukan di Gua Sutra Reregan Dusun Selakambang Desa Selasari Kecamatan Parigi disimpan di Tourism Information Center. Foto: Deni nurdiansah/radar tasikmalaya
0 Komentar

PANGANDARAN, RADSIK – Selain pariwisata, Kabupaten Pangandaran juga memiliki peninggalan atau artefak manusia zaman purba. Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran Tonton Guntari.

Tonton mengatakan, artefak tersebut ditemukan di Gua Sutra Reregan Dusun Selakambang Desa Selasari Kecamatan Parigi. “Ditemukan pertama kali oleh warga beberapa waktu lalu,” kata dia kepada Radar, Kamis (18/8/2022).

Kata dia, lokasi penemuan artefak langsung dieksplorasi tim geologi. Memastikan benda tersebut merupakan artefak dari zaman purba.

Baca Juga:Aturan Dipermudah, Minimarket MenjamurProses Pembelajaran Lebih Interaktif

[membersonly display=”Baca selengkapnya, khusus pelanggan Epaper silakan klik” linkto=”https://radartasik.id/in” linktext=”Login”]

Ia mengatakan lokasi penemuan artefak itu bisa ditempuh dalam waktu 10 menit dari kantor desa. “Gua Sutra Reregan merupakan gua bentukan alam yang berada di perbukitan karst,” ucapnya.

Kata dia, gua tersebut merupakan pintu masuk menuju gua lainnya. Memiliki dua mulut gua yang menghadap ke arah barat dan timur. “Panjang gua sekitar 56,58 meter,” terangnya.

Menurutnya, Gua Sutra Reregan diduga merupakan gua hunian dari masa prasejarah. Hal itu berdasarkan temuan berupa alat bantu. “Terus adanya temuan berupa sampah dapur,” ucapnya. Lanjut dia, sampah dapur itu berupa tumpukan fosil kulit kerang dan siput dan temuan tulang hewan yang disinyalir hasil buruan manusia purba.

Kabid Budaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut Risa Gantira mengatakan, artefak purba itu kini tersimpan di Tourism Information Center (TIC). “Tersimpan rapi disana, siapa pun bebas melihatnya,” ucapnya. Menurutnya, benda berharga itu akan terus dirawat dengan baik. (den)

[/membersonly]

Belum berlangganan Epaper? Silakan klik Daftar!

0 Komentar